Selamat Datang | |


Breaking
    Loading ...

Sabtu, 16 Juli 2016

PSM Makassar Tundukkan Persiba Balikpapan 3-2

By
Updated : Sabtu, 16 Juli 2016 23.43.00
PSM Makassar Tundukkan Persiba Balikpapan 3-2
Berita Sepak Bola Nasional -- PSM Makassar akhirnya mampu menyudahi tren buruk mereka dengan meraih tiga poin atas Persiba Balikpapan di Stadion Mattoanging, Sabtu (16/7) petang, dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Laga ini diwarnai kartu merah bek impor Persiba Dirkor Glay, namun Beruang Madu tetap jadi lawan yang alot untuk tim tuan rumah sebagaimana mereka sempat unggul skor meski kalah jumlah pemain.

Ini merupakan kemenangan pertama bagi pelatih Robert Rene Alberts yang sebelumnya selalu kalah. Di pertandingan ini, striker Ferdinand Sinaga juga mencetak gol perdananya bagi Ayam Jantan Dari Timur.

Babak Pertama

Kedua tim bermain secara agresif sejak menit pertama, PSM selaku tuan rumah begitu ngotot untuk mencuri gol lebih dulu. Hingga sepuluh menit awal berlalu, kedua tim masih mencari permainan terbaik.

Dua pemain muda yang bermain untuk PSM, Muchls Hadi dan Ridwan Tawainelle kerap melakukan penetrasi berbahaya ke daerah pertahanan dari Persiba. Namun, Persiba sendiri masih alot di lini belakang dan bisa sesekali menggebrak.

Petaka hadir bagi Persiba ketika Dirkir Glay harus diganjar kartu kuning kedua karena menahan laju Ferdinand Sinaga sebagai orang terakhir di menit 23'. Dua menit kemudian, keadaan itu dimanfaatkan PSM dengan mencetak gol pembuka yang dilesatkan Tawainella. 1-0 untuk PSM.

PSM makin menggila sejak Persiba bermain dengan sepuluh pemain tersisa. Jaino Matos pun melakukan perjudian dengan tetap memainkan tiga striker meski kehilangan satu stoper. Ia menarik Syamsir Alam dan Iqbal Samad untuk digantikan Heri Susanto dan Vinicius Reis.

Masuknya Heri dan Reis memang membantu alur bola Persiba untuk lebih efektif masuk ke kotak penalti PSM. Di sisi lain, peluang demi peluang didapatkan PSM meski kecemerlangan Alfonsius Kelvan mampu menjaga skor tetap 1-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

M Rahmat yang kerap jadi motor serangan PSM digantikan Basri Lohy jelang babak kedua bergulir. Unggul jumlah pemain dan unggul kedudukan, nampaknya membuat PSM terlena, Persiba mampu mencuri gol penyama kedudukan pada.

Adalah Kurniawan Karman, eks PSM yang mencatatkan namanya di papan skor untuk tim Beruang Madu. Sepakan jarak jauh Kurniawan tak bisa dijangkau Dimas Galih sehingga me-reset ulang skor jadi 1-1. Dua menit kemudian, Persiba kembali memukul PSM dengan gol Shohei Matsunaga, tendangannya dari jarak jauh setelah menerima umpan Abdul Aziz dengan mantap menghujam gawang kawalan Dimas. 2-1 untuk Persiba pada menit 50'.

PSM bisa bangkit kembali, Ferdinand Sinaga mencetak gol pertamanya musim ini sekaligus menyamakan kedudukan pada menit 56' setelah mengontrol bola di kotak penalti usai menerima umpan dari Muchlis Hadi. Empat menit berselang, gol kembali dicetak mantan striker Persib Bandung itu. Umpan Ridwan Tawainella di kotak penalti mampu diselesaikan striker bernomor punggung tiga tersebut dengan mantap. 3-2 PSM unggul di menit 60'.

Gelombang serangan PSM belum berhenti meski mereka sudah mampu unggul kembali. Bahkan, Muchlis Hadi sempat mencetak gol, hanya saja dianulir oleh wasit karena dinilai handball. Pun dengan usaha Hendra Wijaya yang nyaris mencetak gol keempat, jika saja tidak digagalkan mistar gawang.

Empat menit waktu tambahan, skor tidak berubah dan PSM akhirnya mengamankan tiga poin pertama mereka di bawah racikan Rene Alberts.

Susunan Pemain :

PSM Makassar : Dimas Galih (PG); Ardan Aras, Wasyiat Abdullah (74' Syamsul Chaerudin), Hendra Wijaya, Achmad Sumardi; Rizky Pellu, Ridwan Tawainella, Rasyid Bakri; Muchlis Hadi, Ferdinand Sinaga, M Rahmat (46' Basri Lohy)

Persiba Balikpapan : Alfonsius Kelvan (PG); Iqbal Samad (34' Vinicius Reis), Dirkir Glay, Asep Budi, Abdul Rahman; Abdul Aziz (77' Rahel Radiansyah), Bima Sakti, Antonio Teles; Shohei Matsunaga, Syamsir Alam (34' Heri Susanto), Kurniawan Karman



Berita Terkait

Comment