Kesebelasan Mitra Kukar menundukkan Persisam Putra Samarinda, 2-1 pada babak delapan besar Indonesia Super Liga U-21 Grup L di Stadion Madya Aji Imbut Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Senin malam.

Kemenangan Mitra Kutai Kartanegara (Kukar) dicetak kapten kesebelasan Ali Surahman di menit ke-88, melalui tendangan melengkung dari sudut sempit, dan oleh Irwansyah pada menit ke-45.

Sedangkan satu-satunya gol Persisam dilesatkan Aldaier Makatindu di menit ke-19.

Dengan hasil tersebut, Mitra Kukar U-21 yang berjuluk Naga Mekes Muda sementara menempati posisi ke dua grup L dengan raihan tiga poin.

Sementara Kesebelasan Persipua Jaya Pura berhasil memuncaki klasemen sementara grup L setelah pada pertandingan sebelumnya yang juga berlangsung di Stadion Aji Imbut Tenggarong mengandaskan Persita Tangerang 3-1.

Sementra kesebelasan Persisam berada di posisi ketiga, setingakat di atas Persita yang sama-sama belum mendapatkan poin.

Di awal babak pertama, dihadapan warga Kota Raja Tenggarong, Mitra Kukar Muda tampak bermain terlalu berhati-hati.

Hal tersebut dimanfaatkan tim Persisam yang langsung menggempur pertahanan tuan rumah yang dikawal Samsudin.

Hasilnya, pada menit ke-19 striker andalan Pesut Mahakam Muda itu, Aldaier Makatindu berhasil membobol gawang Mitra Kukar melalui tendangan bebas dari luar kotak 16 sehingga Persisam unggul sementara 1-0.

Gol balasan tuan rumah baru tercipta di menit ke-45melalui tendangan sudut striker Mitra Ananda Alifyansya yang menghasilkan bola liar di depan gawang Persisam dan berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Irwansyah sehingga skor berubah 1-1.

Sebelum babak pertama berakhir, pemain belakang Persisam, Gilang Mahesa diganjar kartu merah akibat terlalu berlebihan memprotes keputusan wasit.

Di babak kedua, Persisam yang bermain dengan 10 pemain tetap tampil menyerang dan beberapa kali mendapatkan peluang melalui Aldaier.

Namun, beberapa kali tendangan striker yang baru saja memperkuat Timnas Indonesia U-23 melawan Brunei Darussalam itu masih dihalau dengan baik oleh penjaga gawang Mitra, Hendra.

Gol kemenangan Naga Mekes Muda akhirnya lahir melalui sang kapten Ali Surahman di menit ke-88.

Gol indah pemain yang tengah magang di tim senior Mitra Kukar itu lahir melalui tendangan lambung yang melengkung dari sudut sempit sebelah kiri pertahanan Persisam dan langsung mengarah ke gawang sehingga skor berubah 2-1 untuk Mitra Kukar.

"Ini hasil yang sangat penting sebab kami berhasil melewati pertandingan pertama di delapan besar dengan kemenangan. Ini sesuatu yang postif untuk mental pemain agar dapat bermain konsisten," ungkap Manajer Mitra Kukar U-21 Trias Slamet, usai pertandingan.

Pada fase delapan besar ini, Mitra Kukar sebagai tuan rumah tergabung dalam grup L bersama Persisam, Persipura dan Persita.

Pada pertandingan berikutnya, Kamis (22/8) Mitra Kukar akan berhadapan dengan Kesebelasan Persita pada pukul 19.00 Wita kemudian menghadapi Persipura pada Minggu (25/8) pukul 15.30 Wita. (Ant)