Selamat Datang | |


Breaking
    Loading ...

Minggu, 04 Agustus 2013

Pelatih Firmandoyo Kantongi Komposisi Terbaik PSIS

By
Updated : Minggu, 04 Agustus 2013 21.47.00
Pemain PSIS saat latihan
Pelatih PSIS Firmandoyo telah memiliki komposisi pemain terbaik untuk menghadapi sisa babak 12 besar Divisi Utama PT Liga Indonesia (PT LI) musim ini. Kali ini, dia tak akan coba-coba lagi mengingat hasil tiga pertandingan tersisa sangat krusial dan menentukan.

Rancanangan itu dapat berjalan mulus seandainya, seluruh pemain dalam kondisi terbaik saat kembali berlatih pada 14 Agustus mendatang. Namun, bila Imral ''Korea'' Usman cs tidak disiplin menjaga kondisi dalam liburan ini, komposisi pemain dapat saja berubah.

''Sudah ada di benak saya siapa yang akan diturunkan saat melawan PS Bangka, Persebaya atau PSBS Biak. Tentunya mereka adalah yang terbaik yang dimiliki PSIS. Namun, hal itu dapat saja berubah bila saat kembali ke Semarang, kondisi para pemain yang saya pilih kurang bugar,'' tegas Mantan Pelatih PON Jateng 2012 itu.

Di babak 12 besar, Firmandoyo cukup sering mengubah-ubah komposisi tanpa mengganti formasi. Keputusan itu diambil lantaran sejumlah pemain absen karena akumulasi dan cedera. Lini depan dan lapangan tengah merumakan sektor yang paling banyak berubah.

Saat bertandang ke PS Bangka, mengandalkan duet Hari Nur dan Sukarja sebagai starter lantaran Addison Alves absen karena cedera. Selepas kesembuhan Alves, striker asal Brasil itu dipasang bertandem dengan Hari Nur saat menjamu Persebaya.

Namun, Firmandoyo memiliki kebijakan lain saat melawan PSBS Biak. Dia memilih memasang Alves dengan Roby Fajar. Keputusan itu kurang efektif mengingat Roby hanya bermain sekitar 20 menit, sebelum digantikan dengan Hari Nur. Namun, perubahan itu juga tidak membawa hasil lebih baik setelah dipaksa menyerah 1-3.

Di lapangan tengah juga demikian. Firmandoyo memainkan komposisi berbeda di setiap pertandingan. Hal itu tidak lepas dari cederanya Ronald Fagundez dan Rizky Ozil Yulian di 12 besar. Iswandi Dai, Saiful Amar bergantian mengisi posisi gelandang. Adapun Imral ''Korea'' Usman dan M Irfan senantiasa menempati sayap kanan dan kiri.

Manajer Tim PSIS Setyo Agung Nugroho juga mengingatkan agar para pemain tetap berlatih selama libur puasa. Hal itu agar memudahkan pelatih menyusun strategi dan komposisi terbaik. Dalam kondisi seperti ini, loyalitas dan profesionalisme ikut diuji.

''Sesekali saya menghubungi para pemain untuk menanyakan kabar. Pada prinsipnya mereka masih tetap ingin melanjutkan kompetisi musim ini dengan baik. Apalagi, peluang Laskar Mahesa Jenar untuk promosi ke ISL masih terbuka,'' tutur Agung.



Berita Terkait

Comment