Selamat Datang | |


Breaking
    Loading ...

Selasa, 18 Juni 2013

Inilah Hasil Kongres PSSI 2013 di Surabaya

By
Updated : Selasa, 18 Juni 2013 23.51.00
Kongres PSSI 2013 yang digelar di Hotel Shangri-La, Surabaya, Senin (17/6/13) resmi ditutup. Sejumlah keputusan penting diambil.
 
Kongres dibuka oleh Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, sekitar pukul 09.00 WIB, dihadiri Head of Member of Association FIFA Marco Leal, FIFA Department Officer of Kuala Lumpur Jaysing Muthia dan Director of Member of Association AFC Janeevan Balasing.

Sejumlah keputusan tersebut antara lain adalah pemecatan enam anggota Komite Eksekutif (Exco), yakni Farid Rahman, Sihar Sitorus, Bob Hippy, Tuty Dau, Mawardi Nurdin dan Widodo Santoso.

Selain dipecat, keenamnya juga disanksi larangan berkecimpung di sepak bola nasional selama 10 tahun ke depan. Sihar Cs dianggap membabayakan sepak bola nasional saat melakukan walk out pada Kongres Luar Biasa (KLB) 17 Maret lalu. Jika KLB saat itu kolaps, FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada PSSI. Selain itu, keenamnya juga dituduh melakukan pemalsuan dokumen PSSI.

Kongres juga mengukuhkan empat Exco baru yakni La Siya, Djamal Azis, Hardi Hasan dan Zulfadli. Dengan demikian, Exco PSSI menjadi berisi 15 personel.

Sementara untuk menggantikan enam anggota yang dipecat, Exco PSSI akan membentuk Komite Pemilihan berisi sembilan orang dan Komite Banding Pemilihan berisi lima orang untuk menggelar pemilihan Enam Exco pada Kongres berikutnya.

Bentuk maupun tanggal kongres berikutnya, akan ditentukan lewat rapat Exco mendatang.

Kongres juga telah menerima laporan pertanggungjawaban kinerja PSSI dan laporan keuangan dengan baik.

Soal kompetisi, Liga Super Indonesia (ISL) akan diikuti 22 klub, dengan perkiraan kompetisi mencapai satu tahun. Karena pada 2014 akan ada banyak agenda nasional maupun internasional, seperti Piala Dunia, Pemilihan Presiden 2014 maupun Hari Raya Idul Fitri.

Untuk kompetisi amatir, diperkenalkan sistem baru dengan konsentrasi pengelolaan pada tingkat provinsi, namun detail akan dibahas lebih lanjut.

Terakhir, PSSI juga mengumumkan mundurnya Hadiyandra sebagai sekretaris jenderal PSSI dan digantikan CEO PT Liga Indonesia, Djoko Driyono. Nasib CEO PT Liga akan dibahas pada RUPS PT Liga terdekat.


Sumber : inilah.com


Berita Terkait

Comment