Selamat Datang | |


Breaking
    Loading ...

Sabtu, 03 Agustus 2013

Pemain dan Pelatih Asing Indonesia Menjadi Mualaf

By
Updated : Sabtu, 03 Agustus 2013 14.27.00
Pemain-pemain Asing yang Menjadi Muallaf di Indonesia

c0c65f86f1ced13c766564144175fd8c_a 
 
Ada sebuah pertanyaan menggelitik yang diajukan kru Sabili saat saya diwawancara tahun 2010 lalu. Kurang lebih pertanyaannya begini, Kalo pemain muslim nasional ada gak yang kayak pemain internasional, berdakwah di tengah aktivitas persepakbolaannya?
 
Menurutku sih banyak dong. Coba aja perhatiin, pemain asing yang sudah lama beredar di Indonesia banyak yang jadi mualaf. Salah satunya Cristian Gonzales, pemain naturalisasi Indonesia asal Uruguay yang menjadi aktor penting timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Tentunya mereka jadi mualaf setelah melihat aktivitas kawan-kawannya yang mayoritas Muslim.
 
8593c3ecc360e4699b3aef7a2a974464_aa
Danilo Fernando
Gonzales banyak belajar Islam dari istrinya, Eva Nurida Siregar. Gonzales dan Eva bertemu di Cili dan menikah pada tahun 1995. Saat itu Gonzales masih beragama Katholik dan istrinya beragama Islam.
 
4f16db4a32e343d88c0d536d54de9b46_aaa
Arcan Iurii
Kepindahan Gonzales tahun 2003 ke klub Indonesia PSM Makassar menjadi pintu hidayah bagi Gonzales. Ia banyak belajar dari masyarakat Indonesia yang mayoritas Muslim. Tanggal 9 Oktober 2003 Christian Gonzales memutuskan untuk masuk Islam atas dasar kemauan sendiri dengan disaksikan oleh ustadz Mustafa di Mesjid Agung al Akbar Surabaya. Christian Gerard Alfaro Gonzales kemudian diberi nama Mustafa Habibi. Nama Mustafa diambil dari guru spiritualnya, ustadz Mustafa sedangkan Habibi (cintaku) diambil karena rasa cinta sang istri amat besar kepada Christian Gonzales.
 
ee0ae3ad609be99607885abe97c08367_aaaa
Patricio Jimenez
Islam memiliki kesan tersendiri bagi Gonzales Karena di dalam Islam setiap ada sesuatu ada ucapan doanya seperti ketika masuk rumah mengucapkan assalamualaikum, ketika mau melakukan sesuatu diawali dengan basmalah, dan setiap melangkah dalam Islam selalu aja ada bacaan. Dan ini menjadi hati saya merasa tenang Ungkap Eva mengutip ucapan Gonzales.
 
a493ed68d761cd028089c415d6cd7a47_aaaaa
Javier Rocha
Mantan rekan setim Gonzales di Persik Kediri, Danilo Fernando juga memutuskan menjadi mualaf tak lama setelah merumpt di Indonesia. Begitu pun dengan pelatih nyentrik asal Moldova, Arcan Iurii.
 
Di kesebelasan lain ada pemain asal Brasil, Antonio Claudio (Persibom, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara), pemain asal Cile, Patricio Jimenez (Semarang United), dan Javier Rocha (Batavia Union). Keputusan mereka menjadi mualaf umumnya didorong keinginan sendiri, tanpa ada paksaan dari pihak mana pun.
 
8f9f4f71a0dd44bf4b4e4458c10b0f86_aaaaaa
Antonio Claudio
”Tidak ada orang yang memaksa saya masuk Islam. Saya menjadi mualaf murni karena keinginan saya sendiri,” ujar Danilo. Hal yang sama diakui Iurie. “Sebelumnya, aku lahir dan besar sebagai penganut Kristen Ortodoks. Kini aku serius menjadi pemeluk agama Islam. Pilihan ini bukan sekadar main-main,” ucap Iurie.
 
Sedangkan striker Delras Sidoarjo, Marcio Souza mengatakan dia sudah lama tertarik untuk memeluk Islam. Karena selama empat tahun dia bermain di Indonesia yang merupakan negara Islam terbesar di dunia, juga ikut memengaruhinya.
 
7f5db5a1b94e3a5e8bbb4c64e718f266_aaaaaaa
Marcio Souza
Saya senang dan tertarik melihat kawan-kawan lain, selalu taat dan rutin beribadah kalau pas tiba waktunya shalat. Bahkan dalam perjalanan away, di tengah perjalanan sekali pun kawan-kawan tak lupa beribadah. Mereka seperti menemukan kedamaian saat beribadah, katanya.
 
Subhanallah, hidayah memang bisa datang dari mana pun, termasuk dari lapangan hijau.
 
 
 
 
 
Abanda Herman (kanan) mengucapkan dua kalimat syahadat  
 
Nama bek Persib Bandung, Abanda Herman, kini sudah berubah menjadi Ahmad Abanda Herman. Itu setelah pada Kamis sore, 18 April 2013, bertempat di Masjid Nurul Iman, pria 29 tahun tersebut mengucap dua kalimat syahadat sebagai syarat masuk Islam.

Usai resmi menjadi muallaf (orang yang baru memeluk Islam), Abanda lalu menjelaskan dengan gamblang keputusannya berpindah keyakinan.

"Saya tidak begitu saja memutuskan masuk Islam. Semuanya terjadi dalam sebuah proses yang lumayan lama. Awalnya, saya ingin tahu, kemudian belajar hingga akhirnya benar-benar memutuskan jadi seorang muslim," ungkapnya.

"Saya juga tergugah dengan sejumlah ajaran Islam lainnya yang sangat menekankan bahwa semua manusia itu sama kedudukannya di hadapan Tuhan," tambah Abanda.

Abanda bukan satu-satunya pemain asing yang masuk Islam ketika bermain di Indonesia, berikut beberapa di antaranya:

1. Cristian "El Loco" GonzalesGonzales banyak belajar Islam dari istrinya, Eva Nurida Siregar. Mereka bertemu di Chile dan menikah pada 1995.
Pada 2003, pasangan itu kemudian hijrah ke Makassar. El Loco dikontrak oleh PSM Makassar. Di sana lah dia banyak belajar tentang Islam dan pada 9 Oktober, Gonzales menjadi muslim dengan nama Mustafa Habibi.

2. Danilo FernandoLangkah Gonzales rupanya diikuti oleh rekan setimnya saat membela Persik Kediri, Danilo Fernando. Windy Fitria Marzuki, merupakan salah satu alasan pria Brasil ini rela pindah keyakinan.
Danilo masuk Islam pada 24 Januari 2008 atau empat hari sebelum mempersunting sang istri. Danilo pun punya nama Islam, Muhammad Danilo Fernando.

3. Marcio SouzaMantan pemain Persib Bandung ini menjadi muallaf ketika membela Semen Padang pada 2009. Kondisi sosial masyarakat di Ranah Minang yang kental dengan ajaran Islam membuat pria asal Brasil ini tertarik mempelajari agama yang disebarkan oleh Nabi Muhammad tersebut.
Selain itu, Marcio juga mengaku banyak mendapat masukan dari rekannya di Tim Kabau Sirah yang sudah lebih dulu memeluk Islam, Antonio Claudio.

"Saya sering melihat Antonio sholat, dia tidak pernah ketinggalan. Dia juga sering curhat dan tukar pikiran soal agama,” kata Marcio yang punya nama muslim, Ahmad Marcio.

4. Patricio JimenezMerumput di Semen Padang pada 2004, pemain yang biasa disapa Pato ini menyunting gadis Minang bernama Novia Anggraeni dan berpindah keyakinan menjadi seorang muslim. Dari sang istri pula, Pato yang kini memperkuat klub divisi I, Persip Kota Pekalongan mendapat bimbingan mengenai ajaran-ajaran Islam.

5. Diego MichielsBek timnas Indonesia berdarah Belanda ini menjadi muallaf sejak 7 Februari 2013. Dia mengucap kalimat tauhid sebagai tanda masuk Islam di ruang sidang pengadilan. Saat itu, Diego sedang menjalani sidang atas kasus pengeroyokan.

Diego yang kemudian mengubah namanya menjadi Diego Muhammad mengaku masuk Islam karena sudah tertarik dengan ajarannya sejak masih tinggal di Belanda. "Sebelum ke Indonesia, saya bergaul dengan teman yang beragama Islam. Lalu, saya mulai mempelajari buku dan akhirnya memutuskan masuk Islam," tuturnya.

Selain para pemain yang disebutkan di atas, masih ada sejumlah pelaku sepakbola asing yang menjadi muallaf di Indonesia seperti Arcan
Iurie, Antonio Claudio, Javier Rocha. 

 

Source : berbagai Sumber





Berita Terkait

Comment