Selamat Datang | |


Breaking
    Loading ...

Rabu, 13 Februari 2013

Aksi Sergio van Dijk Menjanjikan

By
Updated : Rabu, 13 Februari 2013 00.57.00
Aksi Sergio van Dijk Menjanjikan
Tak perlu waktu lama bagi bobotoh untuk bisa melihat aksi Sergio van Dijk (SvD). Sehari setelah resmi jadi WNI, Sergio langsung unjuk kebolehan saat Persib beruji coba dengan UNI di Stadion Siliwangi, Bandung, Selasa (12/2). Dimainkan selama 45 menit, Sergio mencetak hattrick.

Tentu saja, lawan yang dihadapi Persib memang kekuatannya tidak seimbang, sehingga Maung Bandung menang telak 10-1. Namun, dari aksi perdananya, pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, melihat SvD cukup menjanjikan.

SvD masuk di babak kedua menggantikan Kenji, dan berduet dengan Dzumafo Herman. Dari penilaiannya, Djadjang melihat potensi besar pada diri SvD untuk bisa menjadi kekuatan baru barisan penyerang Maung Bandung.

“Dia cukup menjanjikan. Baru bergabung pertama, langsung ikut game, dia bisa cetak hattrick. Heading dan visi main bolanya bagus. Yang saya terkesan adalah kemampuannya dalam penempatan posisi. Ada lubang kosong dia bisa mengisi. Lubang-lubang yang ditinggal Dzumafo, dia bisa isi di situ,” papar Djadjang.

Sementara itu, manajemen Persib bergerak cepat melengkapi semua urusan kependudukan SvD sebagai WNI. Khususnya, dalam menyelesaikan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) SvD yang dibutuhkan sebagai kelengkapan persyaratan pendaftaran sebagai pemain kokal ke LIGA.

Seperti diungkapkan oleh manajer Persib sebelumnya, SvD memang sudah didaftarkan sebelum batas penutupan pendaftaran pemain ISL 2012/2013 pada tanggal 18 Januari 2013. Hanya saja, ia masih belum mendapat pengesahan dari LIGA untuk bisa bermain di Persib dengan status pemain lokal.

CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, coba menjelaskan perihal status masuknya Sergio sebagai pemain Persib, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman dari beberapa pihak.

“Perlu dipahami, dalam mengikuti kompetisi ISL, ada pendaftaran pemain dan ada pengesahan. Keduanya adalah hal yang berbeda. Klub bisa mendaftarkan pemain, walau belum menandatangani kontrak, atau melengkapi administrasi. Tapi pemain ini tidak bisa disahkan jika administrasi mereka belum lengkap, sehingga mereka tak bisa dimainkan,” kata Joko Driyono di Jakarta, Selasa (12/2).

Setiap klub boleh mendaftarkan pemain yang mereka inginkan masuk ke dalam skuad mereka sebelum pendaftaraan ditutup, asalkan sesuai dengan regulasi jumlah pemain lokal dan asing. Setiap klub hanya bisa mendaftarkan 30 pemain, didalamnya sudah dua pemain Asia dan tiga pemain non-Asia.

Lebih lanjut, pendaftaran pemain memang sudah ditutup pada 18 Januari, namun pengesahannya bisa dilakukan menjelang kompetisi selesai. Sebelum penutupan pendaftaran, Persib sebenarnya sudah mengajukan opsi, dengan meminta Van Dijk berstatus pemain asing, dan berubah menjadi pemain lokal ketika proses naturalisasi dan kontraknya sudah tuntas. Namun, LIGA tentu menolaknya karena Persib sudah memiliki lima pemain asing.

“Nah, setelah Sergio resmi diambil sumpah menjadi WNI, dan menandatangani kontrak dengan Persib, tinggal menunggu proses pengesahan, setelah semua syarat terpenuhi sebagai pemain lokal Persib. Dia bisa langsung dimainkan di pertandingan terdekat Persib,” papar Joko.

Proses naturalisasi SvD sendiri sudah berlangsung sejak lama. SvD mengajukan proses alih warga negara pada tahun 2011. Seharusnya SvD sudah melakukan pada 10 Oktober 2011, bersamaan dengan lima pemain lainnya, seperti Tonnie Cusell, Stefano Lilipaly, Johny Rudolf van Beukering, Victor Chuckwuekezie Igbonefo, dan Greg Nwokolo.

Namun, pemain yang saat ini memperkuat Adeleide United itu tidak mengikuti proses sumpah tersebut, meski saat itu Keppresnya sudah ada. Setelah menunggu proses lanjutan, baru pada Senin (11/2), SvD resmi menjadi Warga Negara Indonesia.

Berita Terkait

Comment