Selamat Datang | |


Breaking
    Loading ...

Rabu, 29 Oktober 2014

Tundukkan Persela 4-1, Persipura Melenggang ke Semifinal

By
Updated : Rabu, 29 Oktober 2014 18.44.00
Tundukkan Persela 4-1, Persipura Melenggang ke Semifinal
Laga Persela Lamongan vs Persipura Jayapura (PT Liga Indonesia)
Boaz Solossa tampil cemerlang di laga ini dengan mencetak dua gol, dan satu assist, sehingga Persipura melaju ke semi-final.

Persipura Jayapura memastikan tiket semi-final Indonesia Super League (ISL) 2014 setelah meraih kemenangan telak 4-1 atas Persela Lamongan di Stadion Surajaya dalam laga pamungkas delapan besar Grup 1, Rabu (29/10).

Raihan tiga poin ini membuat Persipura mengumpulkan poin 12, dan memuncaki klasemen akhir Grup 1. Persipura tampil sebagai pemuncak, karena di saat bersamaan Arema Cronus bermain imbang 2-2 melawan Semen Padang. Sedangkan Persela tidak beranjak dari posisi juru kunci.

Babak pertama

Persipura yang memburu kemenangan untuk mendapatkan tiket ke semi-final langsung melakukan tekanan ke pertahanan Persela. Tuan rumah yang dipastikan sudah tidak lolos tampil tanpa beban.

Seperti dilaporkan kontributor Goal Indonesia Hamzah Arfah, upaya Persipura untuk mencetak gol cepat akhirnya terwujud ketika laga memasuki menit keenam. Aksi individu Boaz Solossa yang menusuk dari sisi kiri pertahanan Persela diakhiri dengan tendangan. 1-0 untuk Persipura.

Persela mencoba bangkit mengejar ketertinggalan, namun mereka menemui kesulitan menembus barisan belakang Persipura. Kendati sudah tidak memiliki peluang, Persela tetap menampilkan permainan agresif.

Upaya Laskar Joko Tingkir mengubah papan skor membuahkan hasil pada menit ke-34. Memanfaatkan umpan Srdjan Lopicic dari sisi kanan, Addison Alves tak menyia-siakan peluang untuk dikonversi menjadi gol.

Kecolongan gol Persela, Persipura meningkatkan permainan. Lima menit menjelang babak pertama berakhir, tim Mutiara Hitam kembali unggul. Gol kedua Boaz Solossa di laga ini pun membawa Persipura mengungguli Persela di paruh pertama.

Babak kedua

Persela langsung menggebrak pertahanan Persipura demi mengejar defisit satu gol. Peluang diperoleh Bijahil Calwa dan Arif Ariyanto di awal babak kedua, tapi menemui kegagalan. Tendangan Bijahil dapat ditepis Yoo Jae Hoon, sedangkan sepakan Arif membentur mistar.

Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Persela justru kebobolan pada menit ke-52. Boaz menjadi bintang Persipura di laga ini. Setelah mencetak dua gol di babak pertama, Boaz memberikan umpan matang kepada Ian Luis Kabes untuk menjebol gawang Choirul Huda.

Tertinggal 3-1, pelatih Persela Eduard Tjong memasukkan sejumlah pemain lapis kedua, termasuk di posisi penjaga gawang. Bangkit Sabili, Taufik Kasrun, dan Roni Tri dimasukkan menggantikan Addison, Sahrul Huda, dan Choirul Huda.

Selepas laga berjalan satu jam, Persipura menurunkan tempo permainan, dan cenderung mempertahankan keunggulan. Skor 3-1 ini sudah membuka jalan bagi Persipura ke semi-final, karena di tempat berbeda di saat bersamaan, Arema Cronus mengungguli Semen Padang.

Kendati demikian, Persipura masih bisa memperbesar keunggulan menjelang laga berakhir. Aksi Robertino Pugliara yang melewati empat pemain belakang Persela menghasilkan gol, sekaligus menutup pertandingan dengan skor 4-1. Persipura pun melaju ke semi-final.

Susunan pemain :

Persela Lamongan : Choirul Huda (Roni Tri 62') (GK); Burhanudin Nihe, Roman Golian, Suroso, Sahrul Huda (Taufik 57'), Danu Rosade, Catur Pamungkas, Arif Ariyanto, Srdjan Lopicic, Bijahil Calwa, Addison Alves (Bangkit 53'). Cadangan: Roni Tri; Dodok Anang, Taufik Kasrun, Radikal Idealis, Bangkit Sabili, Feri Ariawan, Rudi Santoso. Pelatih: Eduard Tjong

Persipura Jayapura : Yoo Jae Hoon (GK); Yohanis Tjoe (Daniel 76'), Dominggus Fakdawer, Rony Beroperay, Yustinus Pae, Gerald Pangkali, Lim Jun Sik, Imanuel Wanggai (Nelson 56'), Robertino Pugliara, Ian Luis Kabes, Boaz Solossa (Ricky 78').
Cadangan: Dede Sulaiman; Ferinando Pahabol, Rikcy Kayame, Nelson Alom, Izaac Wanggai, Daniel Tata, Jaelani Arey.
Pelatih: Mettu Duaramuri (caretaker)


Berita Terkait

Comment