Selamat Datang | |


Breaking
    Loading ...

Sabtu, 23 Februari 2013

Deltras Rugi Finansial dan Poin Tandang

By
Updated : Sabtu, 23 Februari 2013 16.52.00

Pengunduran diri kontestan Grup III Divisi Utama Liga Indonesia, Persipas Paser, membuat Deltras Sidoarjo bagaikan jatuh kemudian tertimpa tangga.

Betapa tidak, Deltras yang sudah menang di laga tandang lawan Persipas di Stadion Balikpapan, 13 Februari 2013 lalu, harus kehilangan tiga poin yang diraihnya akibat pengunduruan diri ini.

“Kami rugi dalam hal finansial, tenaga, dan tentu saja poin tandang. Kami bertandang ke Balikpapan dengan dana besar dan menguras tenaga. Di laga tandang itu kami menang atas Persipas, dan karena Persipas mundur, sesuai regulasi PT Liga Indonesia, maka poin tiga yang kami peroleh otomatis hangus,” papar Pelatih Deltras Sidoarjo, Djoko Susilo, Sabtu (23/2/2013).

Terkait hal ini, ungkap Djoko, Deltras berhak atas kompensasi atau ganti rugi akibat dari pengunduran diri Persipas ini.

Kompensasi ini menurut Djoko adalah selayaknya diterima klub yang sudah melakoni laga melawan Persipas.

Selain Deltras, dua klub yang sudah bertanding melawan Persipas adalah Persekam Metro FC dan Persid Jember.

“Kompensasi atas ini harus ada. Awalnya saya tidak percaya jika Persipas mundur. Namun, saya benar-benar percaya setelah pemain Persipas menghubungi saya dan memberitahukan bahwa Persipas resmi mundur,” kata Djoko.

Dikutip dari situs PT Liga Indonesia, kesulitan pendanaan membuat Persipas Paser mengundurkan diri. Permintaan mundur dari kompetisi kasta kedua di tanah air itu disampaikan oleh manajemen Persipas melalui surat tertanggal 14 Februari 2013 lalu.

Selanjutnya, Senin (18/2/2013), PT Liga Indonesia mengirimkan surat balasan kepada manajemen Persipas.

“Liga menerima pengunduran diri Persipas dari Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2012/2013. Adapun terkait sanksi yang akan diterima Persipas atas pengunduran dirinya, akan kami serahkan sepenuhnya pada Komisi Disiplin PSSI,” kata Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia, seperti dikutip situs PT Liga Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Umum Pertandingan PSSI Nomor KEP/01/2008 tertulis: “… apabila pengunduran diri/diberhentikan tersebut pada sebagian dari putaran pertama, maka perhitungan nilai yang telah diperoleh lawan tandingnya dibatalkan dan dianggap tidak ada.”

Akibat dari regulasi ini, Deltras yang semula mengumpulkan tujuh poin dari dua kali menang dan satu kali seri, terpaksa harus dikurangi tiga poin menjadi empat. Peroleh empat poin ini masih mengantarkan Deltras menduduki peringkat tiga di klasemen sementara Grup III. Di puncak klasemen ada Persebaya DU dengan 10 poin disusul Perseba Super Bangkalan di runner up dengan sembilan poin.

Di laga selanjutnya, The Lobster—julukan Deltras—akan menjamu Perseba Super Bangkalan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Senin (25/2/2013) besok. Di laga inilah, Deltras menargetkan bisa mengamankan poin sempurna jika ingin tetap bercokol di papan atas klasemen Grup III.

“Ini laga kandang perdana kami dan kami mengincar poin sempurna,” kata pelatih Djoko. (bolaindo)

Berita Terkait

Comment