Selamat Datang | |


Breaking
    Loading ...

Jumat, 22 Maret 2013

Klub-Klub LPIS Tetap Jalani Kompetisi

By
Updated : Jumat, 22 Maret 2013 21.39.00
Seluruh klub peserta kompetisi Indonesian Premier League (IPL) dan Divisi Utama (DU) sepakat melanjutkan kompetisi musim 2013 hingga tuntas. Kesepakatan itu tercapai dalam pertemuan CEO/Dirut klub-klub IPL dan DU di Hotel Prasada Mansion, Jakarta, Kamis (21/3) malam. Rapat pertama para petinggi klub paska Kongres PSSI itu juga dihadiri CEO PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) Widjajanto, Wakil Ketua Umum PSSI Farid Rahman, serta anggota Exco PSSI Sihar Sitorus.

Diskusi dan adu argumentasi mewarnai pertemuan konsolidasi yang dimulai pukul 14.00 WIB itu, terutama menyangkut perlu tidaknya melanjutkan kompetisi. Juga, berbagai hambatan yang muncul bila liga dijalankan sampai tuntas. "Kita sepakat kompetisi dilanjutkan, mengenai berbagai masalah yang ada mari kita carikan solusi bersama," kata CEO Persebaya, Gede Widiade.

Menurut Widjajanto, keinginan klub-klub itu sejalan dengan amanat AFC (Konfederasi Sepakbola Asia). "Baru saja saya dapat kabar dari AFC, mereka ingin kompetisi IPL dilanjutkan," ujarnya. Terkait masalah finansial yang menjerat sejumlah klub, sempat muncul usulan agar jadwal pertandingan terdekat diundur satu bulan. Namun mayoritas peserta rapat tidak sependapat.

Memang, kesulitan finansial menjadi isu penting yang mengemuka. Kesepakatan melanjutkan kompetisi tidak akan ada artinya bila klub-klub tidak mempunyai cukup dana untuk hidup. Karena itu klub klub mencoba mencari sistem penggalian dana mandiri serta subsidi silang antarmereka. Gede Widiade lantas ditunjuk sebagai 'dirijen' penggalian dana, dibantu  Ketua Umum Persipasi Bekasi, M Hartono Yulianto.

Bersama-sama wakil dari Semen Padang, Persijap, PSM, Bontang FC, dan Arema, serta perwakilan klub DU masing-masing  Persitara, Persipasi, PSIS, PSMS Medan, Persires, dan Persibangga, Gede dan Yulianto akan menghadap pengusaha Arifin Panigoro.

Selain itu mereka juga berencana menemui Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin guna menanyakan nasib klub IPL maupun DU di musim penyatuan kompetisi 2014. "Itu penting, untuk meminta kejelasan format penyatuan kompetisi musim 2014," tegas CEO Persijap M Said Basalamah. (LPIS)

Berita Terkait

Comment